Memasang FB comment di Postingan Berita CMS Balitbang

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam Hangat Selalu. Mudah-mudahan rekan-rekan semua dalam keadaan sehat walafiat.Amin.

Tutorial ini saya tujukan buat rekan-rekan pengguna setia CMS Balitbang, sumber dari tutorial ini saya dapatkan dari internet yang sudah saya sesuaikan dengan CMS Balitbang.Mudah-mudah tutorial ini bermanfaat dan mudah dipahami. Biar lebih jelas silahkan bisa lihat life demonya disini.

Langsung aja ke langkah-langkah pembuatannya.

Step 1

Membuat aplikasi di facebook bagi yang belum punya.

OK ikuti langkah-langkah berikut ini

1.   Login facebook.com

2.  Klik link https://developers.facebook.com/apps

3.  Create New App, akan muncul tampilan sebagai berikut:

gb1

4.  Ketik nama aplikasi yang diinginkan, misalnya arisddg31

5.  Klik tombol Lanjutkan

6.  Ketik kode verifikasi, kemudian klik tombol lanjutkan

7.  Selesai

app id

Simpan App ID di notepad karena anti akan kita gunakan untuk fb comment

Step 2

Mengambil source code fb comment

1.  Klik link berikut https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/comments/

2.  Atur atribut seperti contoh gambar di bawah ini

get code fb comment

URL : url website missal: http://www.sman3kotasukabumi.sch.id/

Width: lebar widget

Number of posts : jumlah postingan

Color scheme: warna widget ada 2 pilihan light, dark

3. Klik tombol Get Code, akan muncul dua kode seperti di bawah ini.

kode fb comment

Ada dua bagian kode terpisah yang harus kita letakkan di CMS Balitbang, sebetulanya keduanya bisa kita letakkan bersamaan, tapi saya lebih suka di pisah untuk kode pertama kita letakkan di index.tpl.htm di atas bagian akhir tag </head> seperti gambar dibawah ini.

tempel di head

Dan untuk kode yang kedua kita letakkan pada bagian dimana plugin fb comment akan kita letakkan, seperti di bagian Berita, Artikel dan sebagainya.

Ok step 2 sudah kita lalui, kita lanjut aja ke step 3 atau terakhir

Step 3

Memasang fb comment di bagian Postingan Berita CMS Balitbang

Kode plugin fb comment sudah kita dapatkan, langkah selanjutnya tinggal kita pasang di CMS balitbang contoh di bagian Berita. Step-stepnya sebagai berikut:

1.  Buka index.tpl.htm di template yang aktif

2.  Pastekan kode fb comment bagian pertama di atas tag </head> hasilnya seperti gambar dibawah ini.

3.  Buka file fungsi_berita.php yang ada di folder functions

4.  Pastekan kode bagian dua, sebelumnya kita rubah dulu kodenya sesuaikan dengan kode di CMS Balitbang menjadi seperi dibawah ini.

</pre>
/*komentar fb */

$berita .="<b>Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas</b><br><br>";

$sql2="select * from t_news where id='".mysql_real_escape_string($kd)."'";

if(!$alan=mysql_query($sql2)) die ("Pengambilan gagal 1");

if($row=mysql_fetch_array($alan)) {

$berita .="<fb:comments href='http://www.sman3kotasukabumi.sch.id/html/index.php?id=berita&kode=$row[id]' num_posts='2' width='500' colorscheme='light'></fb:comments>";

}

/* end komentar FB */
<pre>

Ganti teks http://www.sman3kotasukabumi.sch.id/ dengan alamat website masing-masing, atur juga width, num_posts, colrscheme sesuai kebutuhan.

5.  Letakkan kode yang sudah di modifikasi di tag berita lainnya baris 106 seperti gambar di bawah

kode 2

6.  Simpan dan selesai

Alhamdulilah selesai juga tutorialnya semoga bisa dipahami dan bagi yang kurang jelas bisa komen. Tunggu Tutorial Berikutnya cara memasang fb comment berdampingan dengan Komentar CMS Balitbang. Dan satu lagi sebetulnya masih ada lagi yang bisa ditambahkan di fb comment ini yaitu fasilitas untuk moderasi komen yang masuk. Ditunggu aja yach.

Wasalam.

Salam Hangat Selalu

Aris Munandar

http://www.facebook.com/arisddg31

arisddg31@yahoo.co.id

@arisddg31

About arisddg31

Saya seorang guru TIK di SMA Negeri 3 Kota Sukabumi asal dari Kota Wates Jogjakarta

Posted on Desember 28, 2012, in CMS Balitbang, Tutorial. Bookmark the permalink. 23 Komentar.

  1. Komentar cms balitbang yang asli gimana cara menghapusnya yah mas!terima kasih sdh berbagi artikelnya.

  2. tidak berfungsi…

  3. Trima kasih tutorialnya, sehingga web kami tak terganggu komen sampah

  4. trus pemasangan App ID nya dimana mas

  5. mas gimana cara nya membuat tampilan berita lainya dengan foto thumb kecil ,, mohon bantuannya

  6. lumayan bwat nambah ilmu, mampir bwat nambah imu temen”.. http://matakedip1315.wordpress.com/

  7. akhirnya setelah kutak kutik….kutak kutik brhasil ……terhapus…..nyoba gagal terus…eh malam ini berhasil Alhamdulillah…http://www.smpn1ngoro.com thanks P. Aris

  8. Mas ane puya masalah ketika instalasi CMS Pengambilan gagal1 menu

  9. terima kasih atas tutorny mas aris, sangat bermanfaat… saya kagum dengan web sma 3 sukabumi. dimana saya bisa belajar lebih jauh? karena latar belakang saya bukan guru TIK..

    • bisa belajar di blog ini, atau bisa konsultasi ke saya, pada dasarnya kita bisa design ulang template cms dengan mempelajari dasar2 css dan php serta mengerti alur program cms balitbang. silahkan bia chat di fb saya mas

  10. gan jadi dah sesuai di fungsi berita juga udah
    di temp nya juga udah gliran dbuka berita selanjutnya kosong gkda apa2nya

  11. You are my inspiration, I possess few web logs and rarely run out from to brand. fddeedefdked

  12. 1. Buka index.tpl.htm di template yang aktif

    2. Pastekan kode fb comment bagian pertama di atas tag hasilnya seperti gambar dibawah ini.

    3. Buka file fungsi_berita.php yang ada di folder functions

    Java Skrip diatas dimana adanya di cpanel apa di cms …?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: